Penyemangat SEO

Monday, February 1, 2016

Harga Lantai Kayu, Lantai Parket vs Lantai Vinyl


Pilihan Tepat Hunian Nyaman, Lantai Parket Atau Vinyl?
Memilih lantai yang tepat dapat memberikan rasa nyaman dan mampu memberikan estetika pada hunian anda. Saat ini pemilihan lantai motif kayu bukan hal yang aneh jika diterapkan pada hunian modern. Pemakaian lantai motif kayu menjadi solusi alternatif bagi anda yang sudah bosan dengan lantai keramik. Selain itu pemakaian lantai tersebut lebih aman dibanding lantai keramik. Teksturnya tidak terlalu licin sehingga mengurangi resiko terjatuh. Bagi kita yang tinggal di daerah tropis, lantai motif kayu bersifat memberi kesejukan saat panas dan kehangatan saat hujan. Motif kayu untuk lantai tersedia dalam bentuk parket dan vinyl. Namun banyak orang masih bingung bahan mana yang harus saya gunakan? Nah, artikel berikut kami sajikan sebagai bahan pertimbangan bagi anda untuk menentukan.
Kelebihan Lantai Kayu
Kesan tradisional dan unik dapat anda peroleh dengan menggunakan lantai kayu dalam desain rumah idaman. Bahan bangunan alami seperti kayu solid sejak zaman dahulu sudah banyak digunakan. Baik untuk konstruksi kuda-kuda bangunan atap, dinding, bahkan lantai. Penutup lantai yang alami menggunakan kayu solid seperti jati, ulin, merbau, dan kapur. Lantai kayu hingga sekarang masih menjadi bahan populer untuk hunian karena nilai estetika yang tinggi. Kelebihan kayu yang fleksibel dapat memberi suasana klasik, elegan, modern, hingga kontemporer. Anda bebas memilih pola sesuai dengan desain interior rumah anda 
Kekurangan Lantai Kayu Atau Parket
Teknologi produksi lantai kayu berkembang seiring dengan permintaan masyarakat. Jenis lantai parket yang dikenal merupakan generasi lantai kayu yang menggantikan lantai papan pada rumah panggung. Meskipun banyak kelebihan yang ditawarkan lantai parket, anda juga perlu tahu kekurangan yang perlu diwaspadai. Anda harus rajin membersihkan lantai secara teratur, jika tidak kayu akan mudah keropos karena serangan serangga atau kelembaban berlebih. Hal tersebut menunjukkan bahwa lantai kayu tidak memiliki ketahanan yang baik. Kerugian lain adalah sifat kayu mudah menyusut atau mengembang dari ukuran asli. Hal ini disebabkan oleh perubahan suhu dalam ruangan. Sifat tersebut menyebabkan konstruksi lantai menjadi tidak rata.
Harga Kayu Lantai
Setiap orang pasti memiliki selera desain rumah berbeda, jika anda menyukai model klasik nan elegan mungkin lantai kayu menjadi salah satu pilihan untuk interiornya. Berbicara mengenai harga lantai kayu di tahun 2016, sudah tentu beragam sesuai bahan yang digunakan.
Harga Lantai Kayu, Lantai Parket vs Lantai Vinyl Beberapa jenis kayu seperti kayu merbau, kayu jati, kayu jati solid, kayu parquet, memiliki kualitas bagus dengan harga terjangkau. Dalam proses produksi, semakin kecil ukuran lantai kayu maka jumlah produksi akan semakin banyak dibanding memproduksi lantai kayu dalam ukuran besar. Hal tersebut yang membuat harga lantai kayu cukup murah. Untuk kayu jati harga yang ditawarkan per m2 berkisar Rp. 170.000,- hingga Rp. 485.000,- tergantung pada ukurannya. Sedangkan untuk kayu merbau dibandrol dengan harga Rp. 150.000,- sampai Rp. 475.000,- per m2. Biaya pasang parket di pasaran mulai Rp. 30.000/m hingga Rp. 200.000/m2.

Harga kayu tersebut sewaktu-waktu dapat berubah sesuai kondisi rupiah terhadap dollar. Pada setiap kota pun harga yang ditawarkan berbeda, entah itu di Jakarta, Yogyakarta, atau Surabaya.
Karakteristik Lantai Vinyl
Lantai vinyl merupakan material yang terdiri dari tiga lapisan yaitu compact layer, glass fiber, dan printing layer. Lapisan terluar yang mengkilat dan terkesan licin dinamakan UV coated wear layer.Karakteristik lantai vinyl adalah elastis tetapi kuat karena tersusun atas beberapa lapisan. Bahan ini ringan, menyerap suara, dan mudah dalam pemeliharaan. Lantai berbahan vinyl biasa digunakan pada rumah sakit, laboratorium, pabrik, gudang, dan beberapa tahun belakangan diaplikasikan pada lantai rumah tinggal. Lantai ini mempunyai bermacam-macam spesifikasi diantaranya antichemical, antistatic, antibacterial, anti slip, dan masih banyak lagi.
Pemasangan lantai vinyl sebaiknya disesuaikan dengan kondisi dan situasi ruangan. Misalkan untuk ruang belajar, pemilihan lantai vinyl bermotif harus diperhatikan. Jangan sampai motif yang dipilih malah membuat yang berada di dalam ruangan merasa cepat mengantuk. Carilah motif yang membuat semangat sehingga betah belajar. Berbeda dengan motif yang digunakan pada restoran cepat saji, yang nantinya akan digunakan orang untuk menikmati santapan. Pakailah lantai vinyl yang menunjukkan kesan higienis dan sesuaikan juga dengan warna pada dinding ruangan. Motif lantai vinyl juga berperan penting menghadirkan suasana damai, harmonis, dan penuh keakraban pada ruang pertemuan. Baik anda sebagai tuan rumah atau sebagai tamu sama-sama merasa nyaman dan betah, sehingga selalu muncul ide baru yang cemerlang.
Lantai kayu yang menjadi andalan masyarakat Indonesia adalah kayu jati. Kayu ini memiliki daya tahan baik terhadap kelembaban dan serangan rayap. Namun untuk memasang kayu lantai ini anda harus menyiapkan budget cukup dalam, karena anda memerlukan jasa tukang yang benar-benar paham dan mengerti tipe kayu tersebut. Perawatan lantai kayu juga terbilang sulit karena kayu mudah terserang jamur jika terlalu lembab.
Keunggulan Lantai Vinyl
Lantai vinyl sangat praktis untuk mengubah tampilan ruangan. Vinyl dengan mudah direkatkan dengan lem pada lapisan plesteran atau lantai keramik. Jika anda sudah bosan dengan motifnya, tinggal melepas dan mengganti dengan motif baru. Tidak perlu memanggil tukang, anda dapat melakukan pemasangan sendiri dengan mudah. Perawatannya pun sangat mudah, hampir sama dengan keramik. Lantai vinyl sangat kuat, tahan api, anti air, dan tersedia dalam bentuk lembaran. Bahan yang terbuat dari PVC anti patah, tidak seperti bahan kayu yang mudah dimakan rayap serta cepat hancur jika terkena air.
Kekurangan Lantai Vinyl
Disamping kelebihan yang ditonjolkan lantai vinyl, ada kekurangan yang dapat menjadi pertimbangan anda saat menentukan pilihan. Lantai vinyl terbuat dari bahan PVC atau Polyvinyl Cloride, yang dapat melepaskan zat VOC (Volatile Organic Compounds) yang berbahaya bagi orang-orang yang sensitif terhadap zat kimia ini. Tetapi seiring informasi tersebut, perusahaan mulai mengurangi kadar bahan PVC
dalam proses pembuatan. Perhatikan saat pemasangan lantai vinyl, pemasangan lapisan pertama harus dalam kondisi sangat bersih. Jika tidak, maka lantai akan mudah mengelupas dan mengurangi keawetan dan kualitasnya. Lantai vinyl tepatnya hanya pelapis lantai, jadi berhati-hatilah ketika memindahkan barang. Jika lantai tergores dan mengelupas, anda harus menggantinya secara menyeluruh.
Dari pemaparan di atas mengenai lantai kayu (parket) dengan lantai vinyl dapat disimpulkan bahwa keduanya memiliki kekurangan dan keunggulan. Ditinjau dari segi warna, lantai parket lebih mudah pudar jika sering terkena sinar matahari. Sedangkan lantai vinyl lebih tahan lama karena terbuat dari bahan lebih kuat. Bahan kayu mudah lembab dan busuk jika terlalu basah sedangkan vinyl tahan air. Masalah harga, lantai parket pastinya lebih mahal daripada lantai vinyl. Sekarang semua kembali kepada anda untuk memilih yang terbaik.
Description: Lantai parket ataupun lantai vinyl keduanya dapat diterapkan pada hunian anda. Sesuaikan motif lantai yang akan dipasang dengan fungsi dan situasi ruangan. Sehingga siapa saja yang berada dalam ruang tersebut merasa nyaman.